Kumpulan Tutorial: UAS Metode Penelitian - Proposal Penelitian - Facebook

UAS Metode Penelitian - Proposal Penelitian - Facebook


PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Manusia adalah makhluk sosial. Dalam aktifitas kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa hidup secara individu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut interaksi sosial dilakukan, yaitu dalam melangsungkan kehidupannya diperlukan adanya komunikasi. Komunikasi sudah menjadi fitrah manusia yang dibawa semenjak lahir.
Sejak pertama kali lahirlah manusia berkomunikasi. Dimulai dari bayi yang menangis karena lapar atau kencing. Lalu Anak-anak yang tertawa karena senang. Sampai seorang yang sudah dewasa bisa menipu dengan menangis padahal dalam hatinya dia senang atau bahagia. Bisa dibilang komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia. Karena itulah komunikasi manjadi unsur penting yang membentuk dan berlangsungnya suatu masyarakat.
Secara dasar proses komunikasi memiliki beberapa unsur; yaitu pesan (message), orang yang menyampaikan pesan disebut kominunikator (communicator) sedangkan orang yang menerima pernyataan diberi nama komunikan (communican). Untuk tegasnya, komunikasi berarti proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan. Jika dianalisis pesan komunikasi terdiri dari dua aspek, pertama isi pesan (the conntent of the message) kedua lambang (simbol kongkritnya isi pesan itu adalah pikiran atau perasaan, lambang adalah bahasa). Dalam bentuknya, komunikasi terbagi menjadi dua yakni komunikasi secara verbal dan nonverbal.
Dalam menjalin silaturrahmi ada beberapa bentuk komunikasi yang terkait di dalamnya, yakni sesuai yang dinyatakan oleh Hafied Cangara dalam bukunya Pengantar Komunikasi, menyatakan tipe-tipe komunikasi ada empat macam yakni: komunikasi intra personal (diri sendiri), komunikasi interpersonal (komunikasi antar pribadi), komunikasi publik atau kelompokkomunikasi massa. sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, dan
Namun yang akan kita bahas lebih lanjut saat ini adalah komunikasi massa. Yang dimaksud dengan komunikasi massa (mass communication) di sini adalah komunikasi melalui media massa modern, yang terdiri dari media cetak dan media elektronik, yang meliputi surat kabar, televisi, radio, internet, film, dan lain-lain; dan media massa tradisional yang meliputi teater rakyat, juru dongeng keliling, juru pantun.
Untuk lebih spesifiknya kami membahas komunikasi massa media modern. Sesuai dengan perkembangan zaman, teknologi semakin berkembang pesat tak terkecuali media massa yang saat ini begitu diminati oleh masyarakat khususnya remaja adalah internet. Dimana internet memiliki kelebihan yang mampu menembus batas jarak, ruang dan waktu. Bahkan internet dianggap sebagai media massa yang sangat revolusioner dan modern. Bisa dibilang bahwa internet adalah media termodern dan tercanggih saat ini.
Untuk lebih mudahnya kita perlu mengetahui pengertian internet terlebih dahulu. Pengertian Internet (inter-network) adalah jaringan komputer luas yang menghubungkan pemakai komputer (user) satu komputer dengan komputer lainnya; bahkan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu negara ke negara di seluruh dunia yang tergabung dalam internet. Didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi (baik teks, audio, grafik dan video). Fasilitas yang tersedia seperti layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar” di internet; elektronik mail (e-mail) yaitu fasilitas yang digunakan untuk berkirim surat/dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang; bahkan searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet; catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet; dan lain sebagainya.
Fasilitas yang sering digunakan dalam internet adalah world wide web (www) atau website atau situs; dimana dengan ini kita dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi dengan menggunakan bahasa Hyper Textlinks Mailing List (HTML). Ada juga fasilitas yang digunakan untuk berdiskusi secara elektronik yaitu dengan menggunakan E-mail; bentuknya mailing list (milist), ini bias digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya dalam sebuah grup ataupun kumpulan. Newsgroup fasilitas ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh, sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet.
Ada dua istilah yang general mewakili kegiatan yang dilakukan oleh kita melalui internet, download dan upload. Download Adalah proses mengambil file dari komputer lain melalui internet ke komputer kita melalui sebuah situs atau website. Upload adalah proses memindahkan file dari komputer kita ke komputer lain melalui internet ke dalam sebuah situs. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet. Beberapa situs di internet telah menyediakan file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis maupun berbayar.
Kemudahan yang ditawarkan dalam internet membuat orang banyak membuat berbagai macam situs dengan fasilitas dan kelebihan situsnya masing-masing. Dari search engine seperti www.google.comwww.yahoo.comwww.searchindo.comwww.ask.com; situs penyedia email seperti www.gmail.comwww.yahoo.comwww.bismillah.com; situs jejaring sosial seperti www.friendster.comwww.facebook.comwww.hi5.comwww.twitter.com; bahkan diary atau catatan harian gratis seperti www.blogger.comwww.wordpress.comwww.multiply.com; dan lain-lain lagi.
Kemudian muncullah dari sekian banyak situs yang dibuat di internet yang mendapat sorotan penting kami adalah situs jejaring sosial. Di mana melalui situs tersebut seseorang dapat dalam sekejap mendapatkan ribuan teman dari berbagai macam asal, baik karena asal tinggal, tempat sekolah, tempat les, tempat kerja atau dari tempat main. Bahkan teman yang sebelumnya belum pernah kita temui ataupun kenal bisa kita dapatkan melalui sebuah situs jejaring sosial.
Ada banyak sekali situs jejaring social saat ini, facebook adalah salah satunya. Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 Februari 2004. Pada awalnya facebook hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutny ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu setelah peluncurannya. Akhirnya orang-orang yang memiliki alamat surat-e / email berdomain sebuah univesitas (seperti: .edu, .ac, .uk,. dan lain-lain) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini. Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar.
Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat email apapun dapat mendaftar di facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis. Dari September 2006 hingga  September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi. Dan sampai Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dan merupakam situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, yang berarti mengungguli situs publik foto lain seperti www.flikr.com yang telah memuat 8,5 juta foto dimuat setiap hari.
Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyaknya orang yang membuka internet untuk mengakses situs www.facebook.com. Menurut survei yang dilakukan Socialbakers, sebuah lembaga suvei situs jejaring sosial di Amerika, mengatakan bahwa dalam kurun 6 bulan terakhir tahun 2010 menyatakan Indonesia menempati tingkat kedua dengan jumlah 32 juta pengguna setelah Amerika diperingkat pertama dengan 146 juta pengguna aktif.
Demam facebook yang telah menjangkit Indonesia beberapa tahun terakhir. Para penggunanya lebih mudah bergabung dalam berbagai macam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain melalui grup facebook. Pengguna (user) juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Yang mana di dalamnya terdapat jaringan kesatuan dalam menjalin hubungan baik pertemanan maupun relasi. Banyak di antara mereka menemukan kembali teman lama yang sudah tidak terdeteksi lagi, dan mendapatkan teman baru bahkan pasangan hidup.
Komunikasi yang terjalin dalam facebook bisa mempererat hubungan silaturrahmi sesama manusia. Hal ini tidak terlepas dari kehidupan sosial untuk kelanjutan hidupnya, kaerna manusia tidak akan bisa hidup sendiri maka memerlukan interaksi. Sekali lagi facebook sebagai media massa modern yang memiliki banyak fasilitas dan kemudahannya ini juga menjamur di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Berdasarkan penjelasan di atas, penulis ingin melakukan penelitian sekaligus dijadikan sebagai judul skripsi penulis yaitu: ”EFEKTIVITAS FACEBOOK UNTUK MENJALIN SILATURRAHMI BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA”

B.       Pembatasan dan Perumusan Masalah
1.    Pembatasan Masalah
Untuk lebih terfokus dalam proses penelitian, maka peneliti membatasi ruang lingkup penelitiannya pada ”Efektivitas Facebook Dalam Proses Komunikasi Untuk Mahasiswa Fakultas Dakwah dan komunikasi (FIDKOM) Jurusan KPI Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta”.
2.    Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian masalah, dapat disimpulkan sebagai berikut:
a.         Apa Manfaat facebook dalam proses komunikasi dikalanga Mahasiswa FIDKOM Jurusan KPI?
b.        Apa facebook bisa meningkatkan silaturrahmi untuk Mahasiswa FIDKOM jurusan KPI?
c.         Apakah penggunaan facebook mempunyai sisi positif dan negatif untuk mahasiswa FIDKOM jurusan KPI?

C.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.         Adapun Tujuan Penelitian adalah:
a.    Untuk mengetahui manfaat facebook proses komunikasi untuk mahasiswa FIDKOM jurusan KPI.
b.    Untuk mengetahui berapa pentingkah facebook dalam menjalin silaturrahmi  untuk mahasiswa FIDKOM jurusan KPI dalam kehidupan sehari-hari.
c.    Untuk mengetahui sisi positif dan negatif penggunaan facebook bagi mahasiswa FIDKOM jurusan KPI.
2.           Adapun signifikansi Manfaat Penelitian adalah sebagai berikut:
a.    Kegunaan Akademisi
Penelitian ini dilakukan untuk menambah khasanah Ilmu Pengetahuan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta pada umumnya berkaitan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia.
b.    Kegunaan praktis
Hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi pihak-pihak lain dalam pengembangan Sumber Daya Manusia untuk memanfaatkan facebook dalam proses komunikasi dan menjalin silaturrahmi.

D.      Metodologi Penelitian
a)         Pendekatan Penelitian
Pendekatan penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang peneliti ambil dalam bentuk angka akan diproses secara statistik. Dan dideskripsikan secara deduksi yang berangkat dari teori-teori umum, lalu dengan observasi untuk menguji validitas keberlakuan teori tersebut ditariklah kesimpulan. Kemudian di jabarkan secara deskriptif, karena hasilnya akan penelit arahkan untuk mendiskripsikan data yang diperoleh dan untuk menjawab rumusan.
b)        Subjek dan objek penelitian
Peneliti memfokuskan subjek penelitaiannya pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, sedangkan objek penelitian kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.
c)         Populasi dan Sampling
Menurut Burhan Bungin”… populasi penelitian merupakan keseluruhan (universum) dari objek penelitian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, segala, nilai, paristiwa, sikap hidup, dan sebagainya, sehingga objek-obejk ini dapat menjadi sumber data penelitian…” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.
Karena terlalu banyaknya populasi maka perlu diadakan teknik pengambilan sampel dengan menggunkan cara penarikan sample dari populasi. Sampel yang digunakan adalah sampling random (random sampling), dengan penentuan besar sampelnya berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto yang mengatakan bahwa jika jumlah populasinya lebih dari 100 maka dapat diambil 15% atau 20%-25% dari populasi tergantung pada kemempuan peneliti. Berdasarkan pendapat tersebut peneliti menentukan besar sample 50% atau 50 responden.
d)        Teknik Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data-data dan informasi sesuai dengan masalah yang diteliti, penulis mengadakan komunikasi secara langsung dan tidak langsung. Dengan mengunakan alat (instrument) pengumpulan data sebagai berikut:
a.         Observasi  ialah pengamatan dan pencatatan yang sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti. Disini penulis langsung mengadakan observasi langsung trhadap mahasiswa FIDKOM Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam yang  menjadi objek penelitian.
b.        Angket adalah alat pengumpul data dalm bentuk pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi dan dijawab responden, yaitu mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Ilmu dan Ilmu Komunikasi. Ciri khas angket terletak pada pengumpulan data melalui daftar pertanyan tertulis yang disusun dan disebarkan untuk mendapatkan informasi atau keterangan dari sumber data yang berupa orang.
c.         Wawancara adalah Tanya Jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung. Pewawancara disbut Intervieuwer, sedanagkan orang yang diwawancara disebut Interview. Penulis dalam mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung kepada mahasiswa FIDKOM jurusan Komunikasi Penyiaran Islam yang menjadi objek penelitian.
d.        Dokumentasi adalah teknik pengumpulan datayang tidak langsung ditujukan kepada subjek penelitian. Dokumen yang diteliti dapat berupa berbagai macam, tidak hanya dokumen resmi. Contohnya: laporan, notulen, rapat, catatan kasus, dan dokumen lainnya.
e)         Teknik Analisa Data
a.         Editing
Editing berarti meneliti semua kuesioner satu persatu tentang kelengkapan pengisian dan kejelasan penulisan. Jika terdapat jawaban yang tidak jelas penulisannya atau ada butir pernyataan atau pernyataan yang tidak terisi, maka pengumpulan data dilakukan dengan suatu alat ukur tertentu
b.        Tabulating
Tabulasi yaitu membuat tabel–tabel sesuai dengan analisis yang dibutuhkan. Namun sebelum melakukan tabulasi ini sebaiknya dibuat lembar ringkasan  (summary sheet atau data matrix) terlebih dahulu untuk menghimpun data. Ini dimaksudkan agar jika setelah melakukan tabulasi untuk analisis yang direncanakan masih diperlukan tabel lain yang tidak terpikir sebelumnya, maka untuk tabulasinya tidak perlu membuka seluruh kuesioner lagi. Lembar ringkasan ini terdiri dari kolom–kolom dan baris-baris.
c.         Analisa dan Interpretasi data
Analisa dan Interpretasi data yakni merubah data, dari data-data kuntitatif hasil perolehan angket menjadi bentuk kata-kata, sehingga prosentasi tersebut menjadi lebih dapat dimengerti.
Penelitian deskriptif ini menggunakan pertanyaan secara terstruktur atau sistematis kepada banyak orang untuk kemudian seluruh jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah dan dianalisa dengan menggunakan analisa statistika deskriptif.

E.       Tinjauan Pustaka
Adapun dalam penulisan skripsi ini, penulisan berpdoman pada buku “ Pedoman Penulisan karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, dan Desertasi) yang ditulis oleh: Hamid Nasuhi, Ismatu Ropi, Oman Fatuthurrahman, M. Syairozi Dimyati, Netty Hartati, Syopiansayah Jaya Putra, yang diterbitkan oleh CeQDA UIN Jakarta Tahun 2007.


F.       Krangka Teori
Krangka Teori yang dipakai peneliti adalah:
Teori ini dikemukakan oleh Melvin DeFleur hubungan sosial (social Relationships theory yang menyatakan bawasannya teori ini menunjukan bahwa hubungan sosial secara informal berperan penting dalam mengubah prilaku seseorang ketika diterpa pesan komunikasi massa. Yang dikenal arus komunikasi dua tahap yakni dalam menjalin silaturrahmi melalui media massa (facebook) yakni sangat mempengaruhi kehidupan sosialnya.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Teori selanjutnya teori komunikasi  model lasswell mode komunikasi ini yang dipelopori oleh Harold Lasswell menyatakan bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan proses komunikasi adalah menjawab pertanyaan: who says what in which channel to whom with what effect  (siapa mengatakan apa - melalui apa - kepada siapa dengan efek apa.)

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai