Kumpulan Tutorial: Kesalahan Kecil yang Bisa Menyebarkan Kuman

Kesalahan Kecil yang Bisa Menyebarkan Kuman

imgJakarta, Berbagai cara dilakukan orang untuk menghindari penyebaran kuman dan menjaga tubuh tetap sehat. Tapi sebenarnya ada 4 kesalahan kecil yang dilakukan setiap hari dan bisa memicu penyebaran kuman.
Seseorang beranggapan dengan sering mencuci tangan, menutup hidung saat bersin dan batuk atau selalu menggunakan masker sudah cukup melindungi dan menghindarinya dari kuman. Padahal ada 4 kesalahan kecil yang tanpa sadar dilakukan setiap hari dan membuat seseorang rentan terhadap bakteri atau virus.
Seperti dikutip dari AOLHealth, Selasa (18/1/2011) ini dia 4 kesalahan kecil yang tetap dilakukan setiap hari yaitu:
1. Tidak mencuci kulit buah terlebih dahulu
Sebagian besar orang hanya mencuci buah yang kulitnya bisa dimakan, tapi untuk buah yang dikupas seperti pisang atau jeruk biasanya tidak dicuci. Kondisi ini membuat seseorang berpotensi memegang bakteri yang ada di kulit buah dan memasukkannya ke mulut. Untuk itu sebaiknya mencuci semua buah yang akan dikonsumsi.
2. Meletakkan sepatu di dalam rumah
Menyimpan atau meletakkan sepatu di dalam rumah menjadi masalah yang kontroversial. Beberapa orang tetap ingin mempertahankan sepatunya di dalam rumah, tapi sejumlah penelitian menunjukkan apa yang dibawa oleh sepatu dari jalan atau trotoar bisa membuat seseorang sakit. Sebagian ahli kesehatan menyarankan untuk membuka sepatu di luar pintu dan tidak menyimpannya di dalam rumah.
3. Kebiasaan menyentuh wajah
Semua orang pasti melakukannya seperti menggaruk pipi atau menggosok hidung, padahal setiap kali menyentuh wajah (terutama hidung, mulut dan mata) seseorang memberikan kuman tumpangan gratis ke dalam tubuh. Sebaiknya kurangi menyentuh wajah dan menghindari menggosok-gosok mata untuk mengurangi paparan, tapi jangan terlalu kompulsif.
4. Meletakkan gelas di kamar mandi
Beberapa orang meletakkan gelas di kamar mandi seperti di dekat wastafel untuk membantunya menggosok atau meletakkan sikat gigi. Tapi sayangnya banyak yang tidak memperhatikan kebersihan gelas seperti jarang mencucinya, padahal gelas ini bisa menjadi faktor penyebaran penyakit. Untuk itu cucilah gelas dengan sabun dan air hangat untuk membersihkannya.
dari link http://www.detikhealth.com/read/2011/01/18/150103/1549255/763/kesalahan-kecil-yang-bisa-menyebarkan-kuman?ld991103763

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai