Kumpulan Tutorial: Spaghetti Saus Kerang

Spaghetti Saus Kerang

Karena malam ini perut lagi usil dan lagi bokek bingung mo makan apa, dan hanya browsing yang gratis bisa ku lakukan ya otak-atik google nyari resep makanan. Sip dah, yang satu ini makanan yang menurutku seperti surga dan neraka. Judulnya sih "Spageti Saus Kerang"
Saya bilang kalau makanan ini bagai surga dan neraka sbenarnya kebetulan dan sejarahnya panjang. Surga bagi ku karena ini berbahan kerang tapi neraka bagi doi karena dia alergi makanan laut (seafood), termasuk kerang. Nah sebaliknya, Neraka bagiku karena ini adalah spageti dan doi doyan banget sama yang namanya spageti. Asal cerita sejak kecil aku belum pernah makan spageti. Baru setelah berpasangan dengan doi, aku pertama kali diajak makan spageti; judul spagetinya "Spageti Kolonel" ala KFC. Mungkin anda pernah merasakannya juga atau bahkan sering. 
Tapi singkat cerita setelah malam aku makan spageti tersebut, keesokan harinya aku langsung diare (mencret). Awalnya aku sih biasa saja. Cuma aku bilang ke doi kalau sepertinya aku "kurang" cocok makan spageti. Beberapa hari kemudian kami mencoba lagi. Dan besok pagi-pagi aku bla-bla-bla lagi. Aku belum bilang sejujurnya sampai kurang-lebih 5 kali makan spageti dengan judul berbeda kalau aku tidak cocok dengan spageti. Tapi ketahuan juga.
Pembukaannya lama ya, hehe nggak papa deh. Resep ini saya dapat dari http://bankresep.wordpress.com/2010/01/31/spaghetti-saus-kerang/. Dan saat mempostingkan ini saya belum sempet ijin. Tapi ya selamat mencoba deh...
"Spageti Saus Kerang"
Bahan:
500 gram Venusmuscheln /clam shell
250 gr Spaghetti
2 siung bawang putih, cincang.
100 gr tomat, cuci, buang bijinya, potong dadu kecil
3 sdm minyak zaitun
Satu ikat besar peterseli, cuci, iris halus
garam
merica
cabe, potong-potong (optional)
air
Cara Membuat:
1. Untuk membuang pasir yang biasanya banyak terdapat pada kerang ini: 5 jam sebelum mulai masak, rendam kerang di air dingin yang diberi garam cukup banyak. Ganti air 2-3 kali.  Setelah 5 jam sikat kerang di bawah air mengalir hingga bersih. Kerang yang terbuka, buang. Yang masih tertutup, sisihkan
2. Jerang air yang cukup banyak, beri garam 1 sdt/liter air. Masukkan spaghetti dan rebus sampai matang. Saring, dan sisihkan.
3. Panaskan 1 sdm minyak zaitun, tumis bawang  putih hingga harum, masukkan kerang. Tambahkan 1/4 gelas air. Masak dengan api besar selama 5 menit.  Angkat. Saring tumisan kerang, tampung airnya. Kerang yang masih menutup, buang.
4. Ambil kerang dari kulitnya. Saring air tampungan dengan kertas filter.
5. Panaskan sisa minyak zaitun. Masukkan tomat, peterseli, garam, merica, air hasil saringan, (cabe). Masak 3 menit
6. Masukkan spaghetti. Aduk rata. Tuang ke dalam piring. Tambahkan kerang.
Tambahan: Saya sendiri belum mencoba, soalnya saya masih tinggal di kosan dengan mininmya peralatan masak. Tapi anda jangan berkecil hati dan semoga eksperimen anda berhasil sesuai pedoman diatas. Untuk hasil yang lebih memuaskan, pada bahan-bahan tertentu kadarnya bisa anda sesuaikan sesuai selera, seperti garam, cabe, atau yang lainnya. Oh iya, itu bukan gambar sebenarnya, tapi daripada nggak ada gambarnya ya mending saya kasih. hehe..
Selamat Mencoba...!! Met Makan Juga...!!

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai