Kumpulan Tutorial: Arnold "Terminator" Segera Mundur

Arnold "Terminator" Segera Mundur

Haha informasi dari BBC Indonesia tentang Arnold Terminator... wow... bisa dilihat di http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2011/01/110101_kalifornia_schwazenegger.shtml
Arnold Schwazenegger akan mundur setelah tujuh tahun menjadi "gubernator"
Gubernur Kalifornia yang juga mantan bintang film keras Hollywood, Arnold Schwazenegger, akan meletakkan jabatan bulan Januari 2011 ini.
Dia tercatat sebagai salah seroang gubernur yang menghadapi tantangan berat dalam sejaran negara bagian Amerika Serikat itu.
Wartawan BBC di Kalifornia, Peter Bowes, melihat kembali perjalanan aktor "Terminator" itu.
Pada hari Senin, 4 Januari, dia aktor berotot kelahiran Austria itu akan digantikan oleh Jerry Brown, politisi Partai Demokrat yang mengalahkan wanita pengusaha kaya dari Partai Republik, Meg Whitman, dalam pemilihan bulan November.
Mantan "Mr Universe" binaraga kelas dunia itu terpilih menjadi gubernur ke-38 di Kalifornia dalam pemilihan tahun 2003.Arnie, begitu panggilan akrabnya, boleh dikatakan memulai karirnya dari "tanpa apa-apa".
Pada awal tahun 1980-an, seorang produser TV dan radio, Michael Linder, adalah orang pertama yang bertemu dengan atlet angkat besi itu.
Kemudian Linder memutuskan untuk membuat rekaman kaset video berisi teknik binaraga dengan judulnya Shape Up With Arnold".
"Kita harus melihat hal-hal apa saja yang membuat Arnold Schwazenegger menjadi orang," kata Linder.
"Dia mengatakan kepada saya, ketika dia masih remaja di Austria dia sangat malu dengan perkembangan otot betisnya sampai-sampai dia memotong semua kaki celananya mulai dari lutut ke bawah. Dengan begitu, dia akan terpaksa ke mana-mana dengan betisnya yang kecil itu."
Setelah itu, Arnold bekerja keras membina otot-otot badannya sampai dia menjadi salah satu atlet binaraga kelas internasional.
"Begitulah dedikasinya yang mengantarkan dia ke layar perak dan kemudian kursi gubernur Kalifornia," tambah Linder. 
Bukan 'gubernur biasa'
Schwazenegger menggantikan Gubernur Gray Davis, seorang politisi karir yang sedang tidak populer waktu itu.
Mantan aktor yang bergabung ke Republik itu penuh semangat, janji dan impian Kalifornia.
Sejak awal, jelas sekali bahwa dia bukanlah gubernur biasa.
"Schwazenegger melejit di dunia glamor," kata Linder yang sekarang mengelola KVB.FM --stasiun radio internet yang berpangkalan di Venice Beach, tempat Schwazenegger pertama kali membina karir.
"Dia menghisap cerutu, dijaga oleh para pengawal pribadi yang berbadan tegap. Dia diikuti oleh truk satelit yang menyiarkan apa saja yang dilakukannya di situs, dengan siaran langsung," tambah Linder lagi.
Gubernur superstar ini mendapatkan dukungan awal dari pemilih pada hari pertama jabatannya di ibu kota negara bagian Kalifornia, Sacramento, ketika dia membatalkan kenaikan pajak mobil yang sudah hampir berlaku.
"Sekarang, mereka punya uang lebih untuk keperluan lain," kata gubernur baru itu.
Langkah awal ini sangat menjajikan karena penduduk memang merindukan perubahan menuju standar hidup yang lebih baik.
Bukan yang pertama
"Kami tidak sesenang warga di bagian lain dunia ketika Gubernator itu mulai bertugas," kata Dr Sherry Bebitch Jeffe, seorang pakar senior di Fakultas Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan di Universitas Southern California.
"Negara bagian ini rela memberikan kesempatan kepada Arnold Schwazenegger. Ingat, dia bukan gubernur-aktor pertama di sini.
"Yang pertama, dalam sejarah modern, yaitu Ronald Reagan, sangat bagus menjalankan tugas sebagai gubernur, dihormati dan kemudian menjadi presiden Amerika Serikat." 
Politisi 'tak berpengalaman'
Schwazenegger berjanji akan merombak sistem politik Kalifornia dan memperbaiki perekonomiannya. Tetapi upayanya terhambat ketika posisi keuangan negara bagian memburuk.
"Arnold Schwazenegger tidak mengerti bagaimana harus memerintah," kata Dr Jeffe.
"Sacramento bukan Hollywood. Kekuasaan tidak bisa didasarkan semata-mata pada karisma di film action. Di Sacramento, gubernur harus menghadapi badan legislatif yang merasa setara dengan gubernur."
Schwazenegger sering bertengkar dengan para politisi Demokrat di DPRD Kalifornia.
Arnold Schwazenegger masuk ke kantor gubernur Kalifornia tanpa pengalaman
Dia menyatakan frustrasinya dalam pidato yang memukai di depan Munas Partai Republik tahun 2004.
"Kepada para pengkritik yang begitu pesimistis dengan kondisi ekonomi, saya katakan, 'Jangan seperti banci!'," kata gubenur.
Dia mendapat tepukan gemuruh.
Waktu itu, Schwazenegger menjadi pajangan poster baru Republik.
Bahkan sempat muncul wacana untuk mengubah UU supaya suatu hari kelak seorang warga Amerika kelahiran negara lain bisa maju menjadi presiden.
Namun sekarang ini wacana itu tidak ada lagi, bersamaan dengan pupusnya sinar politik Schwazenegger.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai