Kumpulan Tutorial: UTS Sistem Komunikasi Indonesia - Abstrak SKI

UTS Sistem Komunikasi Indonesia - Abstrak SKI

ABSTRAK
Manusia adalah makhluk sempurna yang dikaruniai akal pikiran; berkembang dan melakukan perubahan, yaitu melalui komunikasi. Hal tersebut bertujuan agar manusai bersosialisasi kemudian membentuk sebuah tatanan masyarakat yang bersistem. Dari pembahasan ilmu komunikasi (terutama di Indonesia) lahirlah Sistem Komunikasi Indonesia (SKI).
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana berjalannya sistem komunikasi di Indonesia? Apakah sistem komunikasi mempengaruhi sistem sosial Indonesia? Seberapa besar pengaruh sistem komunikasi pada cara komunikasi dalam masyarakat? Apakah SKI merupakan subsistem sosial Indonesia? 
Indonesia memiliki masyarakat yang multikultural. Hal tersebut membuat cara komunikasi antar daerah berbeda juga. Dalam SKI bisa dilihat dari tiga sudut pandang, antara lain: (a) geografis, dibagi menjadi dua, yaitu sistem komunikasi di pedesaan dan perkotaan; (b) media (mesia cetak, elektronik, media tradisional); (c) pola komunikasi (dengan diri sendiri, antar personal, kelompok, dan massa).
Harold D. Lasswell, menerangkan kegiatan komunikasai adalah menjawab pertanyaan “who says what in which channel to whom with what effect?”. Melvin L. DeFleur menambahkan teori komunikasi masa (theory of mass communication) yang disebut individual defferences theory, social categories theory, social relationship theory, dan cultural norms theory.
Ilmu komunikasi bagian dari ilmu sosial. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa SKI menjadi subsistem dari sistem sosial Indonesia. Beberapa tokoh komunikasi mengatakan bahwa sistem politik itu bagian atau subsistem dari sistem sosial.
Sistem komunikasi dalam masyarakat Indonesia akan sangat ditentukan oleh corak, bentuk dan keragaman itu sendiri. Contohnya dalam sistem sosial itu dikenal budaya ewuh pekewuh, sungkan; artinya saat berkomunikasi ada perasaan tidak enak untuk mengkritik atasan sendiri.
Pemerintahan yang ideal di Indonesia tergantung dari SKI-nya. Dan Sistem Komunikasi di Indonesia telah tersusun baik, hanya saja pemerintah belum ideal.
Keyworsd: Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial, Sistem Komunikasi Indonesia, Sistem Sosial Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai