Soskomas: 95,5 RAS FM Radio Alaikas Salam Jakarta
ditulis oleh Syahrul Munir (108051000043)
   
   
   













 Ust. HAFIZ                                        Ust. AEP ABDULLAH
Ust. HAFIZ                                        Ust. AEP ABDULLAH 
Host Tadarus Host Tadarus
95,5 RAS FM
Radio Alaikas Salam Jakarta
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
Menurut  ensiklopedi Indonesia, radio yaitu penyampaian informasi dengan  pemanfaatan gelombang elektromagnetik bebas yang memiliki frekuensi  kurang dari 300 GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1 mm). Sedangkan  istilah “radio siaran” atau “siaran radio” berasal dari kata “radio  broadcast” (Inggris) atau “radio omroep” (Belanda) artinya yaitu  penyampaian informasi kepada khalayak berupa suara yang berjalan satu  arah dengan memanfaatkan gelombang radio sebagai media.
Memproduksi  sebuah program berarti menuangkan sebuah gagasan atau ide menjadi  sebuah materi produksi yang bernilai, memiliki makna, dan menghibur.  Hasil produksi yang memiliki visi akan tampak lebih sikapnya. Sikap  inilah yang menjadi kekhasan dari produksi itu. Berbeda dengan produksi  yang tidak memiliki visi, maka hasilnya  akan terlihat tidak memiliki  kekhasan, tidak menarik, dan terkesan biasa saja.
Dalam  memproduksi sebuah program radio dan apapun itu jenisnya selalu di bagi  menjadi tiga, antara lain: pra produksi, produksi, dan pasca produksi.  Dalam isi makalah ini, penulis berusaha untuk memaparkan bagaimana cara  memproduksi sebuah program radio.
B. Profil 95,5 Ras Fm Radio Alaikassalam Jakarta
95.5 RASfm Radio Alaikassalam Jakarta,  hadir sebagai satu-satunya radio di Jakarta yang mengemas secara khusus  keselarasan antara program da’wah dan informasi tanpa meninggalkan  fungsi radio sebagai media hiburan, yang disajikan dengan kesejukan  dalam tutur kata. 
Keunikan  inilah yang telah membuat kami menjadi referensi, barometer dan cara  hidup bagi masyarakat pendengar yang loyal, yaitu “Keluarga Muslim yang  Dinamis, Modern namun tetap berpegang kepada nilai-nilai Religius dengan  toleransi tinggi” .
Dengan  berbekal pengalaman dalam melayani pendengar (ummat) dan mitra kerja,  kami memahami cara penyajian program siar yang kreatif, informatif,  edukatif serta menghibur. Melengkapi itu semua, 95,5 RASfm Jakarta, juga  menghadirkan pesan motivasi, kisah hikmah, pesan satir dalam media  jokes, radio play, materi siaran kata, insert, features dan lainnya.  Semua itu disajikan secara sejuk, menghibur dan menyejukkan, sesuai  dengan tema program 95,5 RASfm Jakarta yaitu “ SUARA PENYEJUK NURANI”.
BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pra-Produksi
Pra  produksi adalah sebuah proses produksi yang merupakan tahapan awal dari  seluruh kegiatan yang akan dating atau juga disebut sebagai tahap  perencanaan.
Talk  Show dewasa ini merupakan program primadona, bisa disiarkan secara  langsung/interaktif dan atraktif. Ditambah lagi dengan sifatnya yang  menghibur (entertainment) karena salah satu “keharusan” sifat berita  radio, yang sampai saat ini masih mengundang kontroversi. Entertainment  sebenarnya bukan sekedar berarti menghibur, melainkan dinamis dan hidup.  Oleh karena itu, peran pemandu /moderator sangat menentukan  sukses-tidaknya acara ini. Pilihlah pemandu yang tidak emosional, fair,  dan rapi dalam menjelaskan fakta atau opini kepada pendengar.
Perbedaan  paling penting antara talk show dan wawancara berita adalah talk show  bersifat dinamis, tidak terpaku pada aktualitas topik perbincangan, dan  jam tayangnya fleksibel.
Talk  Show dapat dimasukkan ke dalam kategori program spesial atau program  wawancara sebagai acara. Bahkan ada yang menyebut setiap siaran kata  adalah talk show, karena mengacu pada arti katanya sendiri yaitu talk  (obrolan) dan show (gelaran).
Dua  komponen yang selalu ada dalam program talk show adalah obrolan dan  musik yang berfungsi sebagai selingan. Persiapan yang harus dilakukan  sebelum menyelenggarakan talk show adalah: 
1. Menentukan topik dan tujuan.
2.  Narasumber dianjurkan lebih dari satu orang. Supaya menciptakan suasana  harmoni sekaligus kontroversi, sehingga talk show menjadi hidup.
3. Menentukan lokasi, kemasan acara dan durasi penyiaran.
KONDISI KOMUNITAS PENDENGAR RAS FM
·        Usia : 20-45 tahun
·        Social economic status (SES) : B, C, dan A
·        Psychographic : keluarga muslim yang dinamis, modern, religious, mengikuti  perkembangan, informasi terkini, berfikiran terbuka dan wawasan luas.
·         Sapa pendengar : Sahabat Ras FM
BAGAIMANA KONSEPNYA? 
1. Topik yang dipilih aktual, sedang jadi sorotan.
2. Bersifat analisis, tidak sekedar deskripsi kasus.
3.Terjadi interaksi seimbang diantara nara sumber, tidak monopoli satu orang-satu sudut pandang.
4. Terjadi kontroversi, perdebatan pro-kontra.
5. Ada solusi terbuka di akhir perbincangan.
PELAKU KONSTRUKSI MEDIA
1)      Pemandu  Acara, yaitu orang yang nantinya memandu dan mengelola jalankan  kegiatan Talk show. Dalam pelaksanan talk show, biasanya pemandu acara  dibantu oleh seorang operator yang mengatur berbagai alat studio.
2) Naskah acara/ catatan, merupakan pedoman bagi pemandu acara untuk menjalankan acara ini. 
3)  Narasumber, adalah orang nantinya akan memberikan pendapat atau  argumentasi tentang topik yang akan dibahas dalam acara talk show.
4)  Tempat, yaitu untuk menentukan apakah acara talk show tersebut akan  dilaksanakan di dalam studio atau di luar studio. Kegiatan talk show di  luar studio dapat dilakukan misalnya di Aula Balai Desa, Gedung  pertemuan, dll.
5)   Alat komunikasi, diantaranya adalah saluran telpon. Alat ini digunakan  dalam sesi interaktif yang membri kesempatan bagi para pendengar di  rumah yang akan berpartisipasi atau bertanya kepada narasumber secara  langsung.
6)  Lagu, dalam kegiatan talk show, musik atau lagu digunakan pada awal acara dan penutup.
7)  Iklan ,digunakan ketika waktu jeda atau sebagai selingan dalam acara  talk show. Biasanya pemutaran iklan ini berdurasi 1 menit.
BENTUK KONSTRUKSI
1. LIVE (disiarkan langsung, harus interaktif)
2. TUNDA (direkam sebelumnya, murni monologis) 
Bagaimana perencanaannya? 
1.Menentukan target pendengar yang dituju dan membutuhkan pencerahan ilmiah
2.Menentukan topik dan nara sumbernya dari analisis terhadap kebutuhan pendengar.
3.Menentukan pemandu, dengan kriteria figur toleran, terbuka, bersuara tajam dan intelek.
4.Menyiapkan lokasi dan peralatan ON AIR terutama jika siaran langsung dari lapangan.
Bagaimana urutan acaranya?
1.      Pembukaan berisi: pengenalan acara, pemandu, narasumber, dan topik yang akan diperbincangkan.
2.      Diskusi  utama berisi: Pertanyaan awal, tanggapan dari narasumber atau  pendengar, dan pengembangan pertanyaan lanjut atas tanggapan-tanggapan.
3.  Penutup berisi: kesimpulan, ucapan terima kasih, dan salam penutup, termasuk informasi program berikutnya.
B.  Produksi Talkshow BINCANG ANGKASA-95,5 RAS FM
Proses  produksi adalah suatu upaya merubah bentuk naskah. Seperti yang telah  diketahui, bahwa pelaksanaan produksi sebuah program tergantung pada  tuntutan naskah. Hal tersebut di karenakan naskah merupakan hasil dari  penuaan idea tau gagasan mengenal suatu program.
Program  yang mengutamakan sajian perbincangan atau obrolan yang didasari  penentuan tema, topik serta bahasan yang dikemas secara dinamis dan  actual, factual, menarik, juga menghibur.
Bincang  Angkasa adalah talkshow yang disajikan dengan ringan pada malam hari  tepatnya pada hari senin, selasa, dan rabu malam pukul 19.00-20.00 WIB.  Program yang menyajikan kajian tematik dan terpilih untuk menambah  keilmuan mengenai Dinul Islam. Disajikan secara santai dan bersahabat  untuk menambah sekaligus membuka wawasan.
Adapun yang harus dilakukan oleh crew ketika ingin memproduksi talkshow adalah:
a.       Seluruh kerabat kerja telah siap di studio 30 menit sebelum produksi
b.      Seluruh peralatan dalam kondisi baik dan siap digunakan
c.       Semua aktor/aktris siap
d.      Ilustrator, soundman, property man pada posisi masing-masing
e.       Produksi dipimpin sutaradara dan asisten sutradara
C.  Pasca-Produksi
       Proses pasca produksi merupakan tahap terakhir dalam sebuah produksi  dari suatu program acara. Di dalam pasca produksi ini dilakukan  pengeditan hasil produksi yang telah di rekam dalam sebuah kaset.  Setelah itu semua crew akan melakukan tahap evaluasi yang akan membahas mengenai produksi tersebut.
D.  Analisis
      Program  yang menyajikan kajian tematik dan terpilih untuk menambah keilmuan  mengenai Dinul Islam ini sangat menarik untuk kita ikuti. Karena selain  untuk menambah ilmu pengetahuan, kita juga akan mendapat informasi  tentang berita hangat yang terjadi di Jakarta khususnya. Baik itu dari  segi Agama, politik, maupun kesehatan.
LAMPIRAN
Run-down Program: Talkshow, Bincang Angkasa, Durasi 60 menit.
PROGRAM: TALKSHOW BINCANG ANGKASA 95,5 RAS FM
HARI/TANGGAL: Kamis, 26 Mei 2011
DURASI: 60 MENIT
| 1:00-1:30’ | Jingle (lagu Timur Tengah) | 
| 1:30-2:30’ | Spot Promo Program (Iklan acara Tadarus) | 
| 2:30-6:00’ | Lagu 1 (Opening song) (Sholawat) | 
| 6:00-16:00’ | Talk Time — Segmen I (pembacaan Ratib, Yasin, Tahlil) | 
| 16:00-20:00’ | Selingan --- Lagu 2 (lagu Timur Tengah) | 
| 20:00-24:00’ | Iklan/Commercials Beak/Jingle (Promo program Taklim   Angkasa) | 
| 24:00-34:00’ | Talk Time --- Segmen II (Ceramah KH. ABDUL RASYID AS) | 
| 34:00-38:00’ | Selingan – Lagu 3 (Sholawat) | 
| 38:00-48:00’ | Talk Time --- Segmen III (do’a) | 
| 48:00-52:00’ | Iklan/Commercials Beak/Jingle (Promo Program Taklim   Angkasa) | 
| 52:00-56:00’ | Talk Time --- Segmen IV (Closing) (lagu Timur Tengah) | 
| 56:00-60:00’ | Lagu 4 (Lagu Timur Tengah) | 
-Daily Program

-STRUKTUR ORGANISASI 95,5 RAS FM


KH. ABDUL RASYID AS                                                         Hj. AZIZAH AZIZ
Komisaris Utama                                                                      Komisaris

H. ALWY RASYID
            Director



AHMAD NURFANSYAH             H.ANDRY HENDRAWAN,SE           IWAN SETIAWAN
Marketing Manager FGA & HRD Manager Program Manager
Marketing Manager FGA & HRD Manager Program Manager



BONI INDRAWAN               NADIA SUBHAN            H. FIRMAN P.M. TAHER, S.H
Music Director               Research Department                    Finance Staff


ASMAUNNAWAALI                             HASANUDIN. SE 
Announcer Marketing
Announcer Marketing

 Ust. HAFIZ                                        Ust. AEP ABDULLAH
Ust. HAFIZ                                        Ust. AEP ABDULLAH Host Tadarus Host Tadarus
 

 
 
No comments:
Post a Comment