Kumpulan Tutorial: Tips Berkendara Saat Hujan (Terutama Saat Hujan Deras)

Tips Berkendara Saat Hujan (Terutama Saat Hujan Deras)


Di luar hujan deras, tapi Anda tetap harus keluar rumah, bagaimana ini?
Bagi Anda yang setiap hari beraktivitas dengan mengendarai mobil pribadi, termasuk di saat musim hujan seperti sekarang ini, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut agar berkendara saat hujan lebih aman dan nyaman.
 Saat mengemudi di jalur bebas hambatan atau tol, pilih jalur tengah, area yang paling minim genangan air.
 Hidupkan lampu depan. Ini akan membantu Anda melihat lebih baik, dan juga membantu pengemudi lain lebih mudah melihat Anda.
 Perpanjang jarak antara dan tetap perhatikan lampu rem mobil depan Anda.
 Ingat selalu untuk tidak mengebut atau paculah mobil dengan laju lambat yang stabil, karena mengerem di jalanan yang basah membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, mengebut hanya akan meninggikan risiko hydroplaning -- kondisi yang terjadi bila air di hadapan ban mobil terbentuk lebih cepat dari berat kendaraan -- yang menyebabkan kejadian mobil tergelincir.
 Perlambat laju kendaraan saat menghadapi genangan. Jadi jika genangan terlalu dalam, Anda masih sempat untuk mundur atau balik arah.
 Jangan mengemudi melalui air yang bergerak dan jika Anda tidak bisa melihat batas-batas jalan, atau mobil akan hanyut terseret arus.
Ingat!
1. Ganti wiper yang sudah tua dan rapuh dengan yang baru dan berkualitas. Membeli wiper baru yang murahan sungguh sia-sia dan berbahaya!
2. Periksa kondisi ban mobil Anda. Jika sudah gundul, ganti. Ban gundul akan mudah selip di jalanan basah.
3. Pertimbangan untuk membawa starter portabel, sehingga jika baterai mobil mati karena kebasahan, Anda masih bisa menghidupkan mobil.

Sumber Artikel: Tips Berkendara Saat Hujan (Terutama Saat Hujan Deras)

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai