Kumpulan Tutorial: Soskomas: 95,5 RAS FM Radio Alaikas Salam Jakarta

Soskomas: 95,5 RAS FM Radio Alaikas Salam Jakarta

ditulis oleh Syahrul Munir (108051000043)

95,5 RAS FM

Radio Alaikas Salam Jakarta


BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar belakang
Menurut ensiklopedi Indonesia, radio yaitu penyampaian informasi dengan pemanfaatan gelombang elektromagnetik bebas yang memiliki frekuensi kurang dari 300 GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1 mm). Sedangkan istilah “radio siaran” atau “siaran radio” berasal dari kata “radio broadcast” (Inggris) atau “radio omroep” (Belanda) artinya yaitu penyampaian informasi kepada khalayak berupa suara yang berjalan satu arah dengan memanfaatkan gelombang radio sebagai media.
Memproduksi sebuah program berarti menuangkan sebuah gagasan atau ide menjadi sebuah materi produksi yang bernilai, memiliki makna, dan menghibur. Hasil produksi yang memiliki visi akan tampak lebih sikapnya. Sikap inilah yang menjadi kekhasan dari produksi itu. Berbeda dengan produksi yang tidak memiliki visi, maka hasilnya  akan terlihat tidak memiliki kekhasan, tidak menarik, dan terkesan biasa saja.
Dalam memproduksi sebuah program radio dan apapun itu jenisnya selalu di bagi menjadi tiga, antara lain: pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dalam isi makalah ini, penulis berusaha untuk memaparkan bagaimana cara memproduksi sebuah program radio.


B. Profil 95,5 Ras Fm Radio Alaikassalam Jakarta
95.5 RASfm Radio Alaikassalam Jakarta, hadir sebagai satu-satunya radio di Jakarta yang mengemas secara khusus keselarasan antara program da’wah dan informasi tanpa meninggalkan fungsi radio sebagai media hiburan, yang disajikan dengan kesejukan dalam tutur kata.
Keunikan inilah yang telah membuat kami menjadi referensi, barometer dan cara hidup bagi masyarakat pendengar yang loyal, yaitu “Keluarga Muslim yang Dinamis, Modern namun tetap berpegang kepada nilai-nilai Religius dengan toleransi tinggi” .
Dengan berbekal pengalaman dalam melayani pendengar (ummat) dan mitra kerja, kami memahami cara penyajian program siar yang kreatif, informatif, edukatif serta menghibur. Melengkapi itu semua, 95,5 RASfm Jakarta, juga menghadirkan pesan motivasi, kisah hikmah, pesan satir dalam media jokes, radio play, materi siaran kata, insert, features dan lainnya. Semua itu disajikan secara sejuk, menghibur dan menyejukkan, sesuai dengan tema program 95,5 RASfm Jakarta yaitu “ SUARA PENYEJUK NURANI”.


BAB II

PEMBAHASAN


A.  Pra-Produksi
Pra produksi adalah sebuah proses produksi yang merupakan tahapan awal dari seluruh kegiatan yang akan dating atau juga disebut sebagai tahap perencanaan.
Talk Show dewasa ini merupakan program primadona, bisa disiarkan secara langsung/interaktif dan atraktif. Ditambah lagi dengan sifatnya yang menghibur (entertainment) karena salah satu “keharusan” sifat berita radio, yang sampai saat ini masih mengundang kontroversi. Entertainment sebenarnya bukan sekedar berarti menghibur, melainkan dinamis dan hidup. Oleh karena itu, peran pemandu /moderator sangat menentukan sukses-tidaknya acara ini. Pilihlah pemandu yang tidak emosional, fair, dan rapi dalam menjelaskan fakta atau opini kepada pendengar.
Perbedaan paling penting antara talk show dan wawancara berita adalah talk show bersifat dinamis, tidak terpaku pada aktualitas topik perbincangan, dan jam tayangnya fleksibel.
Talk Show dapat dimasukkan ke dalam kategori program spesial atau program wawancara sebagai acara. Bahkan ada yang menyebut setiap siaran kata adalah talk show, karena mengacu pada arti katanya sendiri yaitu talk (obrolan) dan show (gelaran).
Dua komponen yang selalu ada dalam program talk show adalah obrolan dan musik yang berfungsi sebagai selingan. Persiapan yang harus dilakukan sebelum menyelenggarakan talk show adalah: 
1. Menentukan topik dan tujuan.
2. Narasumber dianjurkan lebih dari satu orang. Supaya menciptakan suasana harmoni sekaligus kontroversi, sehingga talk show menjadi hidup.
3. Menentukan lokasi, kemasan acara dan durasi penyiaran.

KONDISI KOMUNITAS PENDENGAR RAS FM
·        Usia : 20-45 tahun
·        Social economic status (SES) : B, C, dan A
·        Psychographic : keluarga muslim yang dinamis, modern, religious, mengikuti perkembangan, informasi terkini, berfikiran terbuka dan wawasan luas.
·         Sapa pendengar : Sahabat Ras FM
BAGAIMANA KONSEPNYA? 
1. Topik yang dipilih aktual, sedang jadi sorotan.
2. Bersifat analisis, tidak sekedar deskripsi kasus.
3.Terjadi interaksi seimbang diantara nara sumber, tidak monopoli satu orang-satu sudut pandang.
4. Terjadi kontroversi, perdebatan pro-kontra.
5. Ada solusi terbuka di akhir perbincangan.
PELAKU KONSTRUKSI MEDIA
1)      Pemandu Acara, yaitu orang yang nantinya memandu dan mengelola jalankan kegiatan Talk show. Dalam pelaksanan talk show, biasanya pemandu acara dibantu oleh seorang operator yang mengatur berbagai alat studio.
2) Naskah acara/ catatan, merupakan pedoman bagi pemandu acara untuk menjalankan acara ini. 
3) Narasumber, adalah orang nantinya akan memberikan pendapat atau argumentasi tentang topik yang akan dibahas dalam acara talk show.
4) Tempat, yaitu untuk menentukan apakah acara talk show tersebut akan dilaksanakan di dalam studio atau di luar studio. Kegiatan talk show di luar studio dapat dilakukan misalnya di Aula Balai Desa, Gedung pertemuan, dll.
5)  Alat komunikasi, diantaranya adalah saluran telpon. Alat ini digunakan dalam sesi interaktif yang membri kesempatan bagi para pendengar di rumah yang akan berpartisipasi atau bertanya kepada narasumber secara langsung.
6)  Lagu, dalam kegiatan talk show, musik atau lagu digunakan pada awal acara dan penutup.
7) Iklan ,digunakan ketika waktu jeda atau sebagai selingan dalam acara talk show. Biasanya pemutaran iklan ini berdurasi 1 menit.
BENTUK KONSTRUKSI
1. LIVE (disiarkan langsung, harus interaktif)
2. TUNDA (direkam sebelumnya, murni monologis) 
Bagaimana perencanaannya? 
1.Menentukan target pendengar yang dituju dan membutuhkan pencerahan ilmiah
2.Menentukan topik dan nara sumbernya dari analisis terhadap kebutuhan pendengar.
3.Menentukan pemandu, dengan kriteria figur toleran, terbuka, bersuara tajam dan intelek.
4.Menyiapkan lokasi dan peralatan ON AIR terutama jika siaran langsung dari lapangan.
Bagaimana urutan acaranya?
1.      Pembukaan berisi: pengenalan acara, pemandu, narasumber, dan topik yang akan diperbincangkan.
2.      Diskusi utama berisi: Pertanyaan awal, tanggapan dari narasumber atau pendengar, dan pengembangan pertanyaan lanjut atas tanggapan-tanggapan.
3.  Penutup berisi: kesimpulan, ucapan terima kasih, dan salam penutup, termasuk informasi program berikutnya.
B.  Produksi Talkshow BINCANG ANGKASA-95,5 RAS FM
Proses produksi adalah suatu upaya merubah bentuk naskah. Seperti yang telah diketahui, bahwa pelaksanaan produksi sebuah program tergantung pada tuntutan naskah. Hal tersebut di karenakan naskah merupakan hasil dari penuaan idea tau gagasan mengenal suatu program.
Program yang mengutamakan sajian perbincangan atau obrolan yang didasari penentuan tema, topik serta bahasan yang dikemas secara dinamis dan actual, factual, menarik, juga menghibur.
Bincang Angkasa adalah talkshow yang disajikan dengan ringan pada malam hari tepatnya pada hari senin, selasa, dan rabu malam pukul 19.00-20.00 WIB. Program yang menyajikan kajian tematik dan terpilih untuk menambah keilmuan mengenai Dinul Islam. Disajikan secara santai dan bersahabat untuk menambah sekaligus membuka wawasan.
Adapun yang harus dilakukan oleh crew ketika ingin memproduksi talkshow adalah:
a.       Seluruh kerabat kerja telah siap di studio 30 menit sebelum produksi
b.      Seluruh peralatan dalam kondisi baik dan siap digunakan
c.       Semua aktor/aktris siap
d.      Ilustrator, soundman, property man pada posisi masing-masing
e.       Produksi dipimpin sutaradara dan asisten sutradara

C.  Pasca-Produksi

      Proses pasca produksi merupakan tahap terakhir dalam sebuah produksi dari suatu program acara. Di dalam pasca produksi ini dilakukan pengeditan hasil produksi yang telah di rekam dalam sebuah kaset. Setelah itu semua crew akan melakukan tahap evaluasi yang akan membahas mengenai produksi tersebut.

D.  Analisis
      Program yang menyajikan kajian tematik dan terpilih untuk menambah keilmuan mengenai Dinul Islam ini sangat menarik untuk kita ikuti. Karena selain untuk menambah ilmu pengetahuan, kita juga akan mendapat informasi tentang berita hangat yang terjadi di Jakarta khususnya. Baik itu dari segi Agama, politik, maupun kesehatan.


LAMPIRAN
Run-down Program: Talkshow, Bincang Angkasa, Durasi 60 menit.
PROGRAM: TALKSHOW BINCANG ANGKASA 95,5 RAS FM
HARI/TANGGAL: Kamis, 26 Mei 2011
DURASI: 60 MENIT

1:00-1:30’
Jingle (lagu Timur Tengah)
1:30-2:30’
Spot Promo Program (Iklan acara Tadarus)
2:30-6:00’
Lagu 1 (Opening song) (Sholawat)
6:00-16:00’
Talk Time — Segmen I (pembacaan Ratib, Yasin, Tahlil)


16:00-20:00’
Selingan --- Lagu 2 (lagu Timur Tengah)
20:00-24:00’
Iklan/Commercials Beak/Jingle (Promo program Taklim Angkasa)
24:00-34:00’
Talk Time --- Segmen II (Ceramah KH. ABDUL RASYID AS)


34:00-38:00’
Selingan – Lagu 3 (Sholawat)
38:00-48:00’
Talk Time --- Segmen III (do’a)
48:00-52:00’
Iklan/Commercials Beak/Jingle (Promo Program Taklim Angkasa)
52:00-56:00’
Talk Time --- Segmen IV (Closing) (lagu Timur Tengah)
56:00-60:00’
Lagu 4 (Lagu Timur Tengah)

-Daily Program
http://www.rasfmjakarta.com/images/Program_ONAIR_icon.jpg


-STRUKTUR ORGANISASI 95,5 RAS FM
KH. ABDUL RASYID AS                                                         Hj. AZIZAH AZIZ
Komisaris Utama                                                                      Komisaris

H. ALWY RASYID
            Director

AHMAD NURFANSYAH             H.ANDRY HENDRAWAN,SE           IWAN SETIAWAN
   Marketing Manager                      FGA & HRD Manager                    Program Manager


BONI INDRAWAN               NADIA SUBHAN            H. FIRMAN P.M. TAHER, S.H
Music Director               Research Department                    Finance Staff


ASMAUNNAWAALI                             HASANUDIN. SE
Announcer                                           Marketing

Ust. HAFIZ                                        Ust. AEP ABDULLAH
Host Tadarus                                                   Host Tadarus

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai