Kumpulan Tutorial: Kumpulan Widget yang Recomended

Kumpulan Widget yang Recomended

Widget adalah sebuah tool (alat yang berguna) dalam memaksimalkan keindahan, kecantikan, serta “kenarsisan” blog Anda. Widget sendiri merupakan sebuah elemen yang berguna dan mudah digunakan baik yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog yang Anda gunakan maupun berasal dari third party atau pihak ketiga.
Penggunaan serta pemasangan widget telah dibuat semudah mungkin oleh pihak-pihak penyedia layanan, sehingga yang Anda perlukan *biasanya* hanya mendaftar atau bahkan ada yang tidak perlu mendaftar sama sekali, cukup meng-copy scriptyang telah disediakan dalam element blog Anda. Nah berikut ini ada beberapa pilihan untuk mempercantik tampilan blog Anda.


Outbrain Star Rating Widget - Anda ingin tahu apa pendapat pembaca tentang artikel yang Anda posting ? Widget ini akan menampilkan peringkat pada setiap postingan Anda, dengan instalasi yang sangat sederhana, cukup ikuti langkah demi langkah petunjuk di situs mereka.

ShareThis atau AddThis - Memudahkan pengunjung Anda untuk berbagi konten Anda, dengan orang lain. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan popularitas link Anda dan publisitas. Widget ini akan menampilkan dropdown ikon FB, Email, DIGG, dll.

ClockLink - Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu *ehm* seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog Anda.

FEEDJIT - Widget ini paling wuenak diantara widget lainnya, misalkan kalo kita lagi cape, lesu, sendi-sendi lagi nggak enak, otot kaku, badan pegal, masuk angin… maka suruh aja si mbok untuk feedjit *oooh itu pijit ya* hi hi hi. Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog Anda. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa Anda gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.

whos.amung.us: Widget ini akan menampilkan jumlah orang yang saat ini sedang mengunjungi situs Anda dan dilakukan secara real time. Anda tidak perlu sign-up untuk mengambil script widget ini.

Web2PDF Online - Dengan memasang widget ini, pengunjung dapat dengan mudah mnyimpan postingan Anda sebagai file PDF. Widget ini bebas dari iklan.

Google Translate - Widget ini memungkinkan Anda menerjemahkan halaman Web Anda ke bahasa lain hanya dengan satu klik.

Web/Blog Counter - Widget ini datangnya dari Histats.Com yang memungkinkan Anda bisa melacak pengunjung datang dari mana saja, lewat pintu mana saja, dan menghitung jumlah pengunjung blog Anda sehari-hari berapa, referer dari blog mana saja, dan jika melalui search engine semisal google, yahoo, msn menggunakan keyword apa. Jika Anda ingin melihat IP Address pengunjung blog Anda, widget histats ini yang bisa saya rekomendasikan.

Facebook Widget - Widget ini berguna untuk menampilkan alamat facebook Anda, sehingga para bloggers dapat berkenalan langsung dengan si empunya Blog, melalui facebook.

Your IP - Widget ini berguna untuk mengetahui IP address pengunjung. Anda juga bisa dapatkan di www.danasoft.com, untuk tampilan yang berbeda, dengan fungsi yg sama dengan widget Your IP.

Cluster Map - Widget ini akan menampilkan data pengunjung blog, menggunakan Peta. Sehingga kita dapat mengetahui, dari mana saja lokasi bloggers yg sudah membaca blog kita.

Alexa Rank - alexa rank akan membuat peringkat berdasarkan banyaknya pengunjung blog atau web, semakin banyak pengunjung terhadap suatu blog atau web maka alexa rank akan semakin baik.
PollDaddy - PollDaddy memberikan Anda kemudahan membuat sebuah poling atau survey interaktif dengan theme yang menawan.
Vizu - Pilihan widget lain untuk membuat poling pada blog Anda, kelebihannya widget ini cocok dengan platform blog manapun.
AnswerTips - Memperlihatkan jawaban dari Answers.com untuk berbagai macam istilah yang terdapat pada blog Anda.
AnswerBoxes - Masih widget dari Answer.Com hanya saja widget ini memberikan kesempatan pada pengunjung blog Anda untuk memasukan istilah yang tidak dimengerti dan mendapat jawaban dari Answer.Com.
Shoutbox - Fungsi shoutbox adalah untuk menampung pesan singkat teman atau para blogger yang tengah blogwalking. Untuk shoutbox banyak pilihan yang bisa Anda gunakan diantaranya, ShoutmixCbox, atau kalo Anda berorientasi nasionalis dan cinta produk dalam negeri Anda bisa memilih Oggix. Dan awal 2008 ini oggix pun meluncurkan versi blognya, jika Anda ingin berpindah layanan atau sekedar mencoba blognya oggix silahkan daftar.
RockYou Horoscope - widget yang menampilkan ramalan sesuai dengan bintang Anda. (Sepertinya khusus di buat untuk blogger wanita)
Google Map Widget - Perlihatkan pencarian pada peta google dari blog Anda.
Google Video Search - Tampilkan form pencarian video dari video pilihan pada blog Anda.
Google Feed Burner - Menampilkan headline dari RSS FeedBurner blog Anda pada blog Anda sendiri ataupun blog Anda yang lain atau juga pada blog teman Anda atau mungkin blognya saudara Anda.
Boxedup - Sahabat ataupun teman blogger akan memberi hadiah di hari Ultah Anda, tapi mereka tidak tahu harus membeli hadiah apa yang sekiranya Anda inginkan. Nah melalui widget ini biarkan mereka tahu kado apa yang sebenarnya Anda inginkan.
Demikian diantara beberapa widget yang bisa digunakan untuk mempercantik blog Anda. Pilih saja yang sekiranya bermanfaat dan cocok untuk blog Anda.

Ingat! Kebanyakan widget bisa mengesankan blog Anda berat (lama) pada saat awal di buka dan terkesan rame.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai