Pages

Pages

Tuesday, November 20, 2012

Soskomas: Kumpulkan Rubrik atau Tajuk (pesan apa saja yang di bahas)

ditulis oleh Abdul Hamid (108051000045)

1.     Kumpulkan rubrik atau tajuk, editorial dari media cetak selama bulan ini atau bulan lalu program dari media elektronik yang isinya control sosial. Pesan-pesan apa saja yang di bahas.
a.       Belum lama kita dihebohkan dengan pemberitaan di media mengenai penyerangan warga terhadap jemaat Ahmadiyah. Dikampung cicaringin, kelurahan kersamenak kawalu tasik Malaya. Masyarakat tidak setuju dengan aktifitas jemaat Ahmadiyah di desa tersebut. Hingga hari ini aktifitas jemaat Ahmadiyah masih lumpuh dikarenakan pengisolasian lokasi yang dilakukan warga.
Ini menambah rasa keprihatinan kita terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kian hari kian terpecah akibat isu-isu yang berbau SARA yang mengancam integrasi bangsa.
Penyelesaian kasus Ahmadiyah yang berlarut dan tidak adanya keputusan yang tegas dari pemerintah akan dapat menimbulkan percikan perpecahan yang mengancam kesatuabn bangsa. Dari berita ini kita dapat mengambil pesan-pesan atau nilai yang terkandung yaitu, persatuan dan kesatuan bangsa, toleransi antar umat beragama dan penyelesaian masalah lebih baik melalui jalur refrensif daripada melalui jalur preventif, karena tindakan preventif hanya akan menambah permasalahan baru yang membuat permasalahan tersebut semakin rumit.

b.      Keberhasilan polisi mengungkapkan serangkaian aksi terror di Indonesia menjadi pembahasan yang menarik dalam program barometer di SCTV pada awal bulan mei. Bagaimana Densus 88 berhasil mencokok satu persatu pelaku aksi terror bom. Dalam acara ini pesan-pesan yang dibahas  adalah bagaimana sesungguhnya islam itu sendiri menempatkan jihad dalam kehidupan. Apakah jihad harus melalui jalan kekerasan atau malah dapat melalui jalan yng lebih bersahabat.
2.      Buktikan data atau kasus di lingkungan anda apakah termasuk masyarakat massa masyarakat tradisionil, masyarakat komunikasi ( masyarakat dialog), dan masyarakat informasi.
Saya hidup di tengah-tengah masyarakat Betawi yang memang masi kental adat dan kebudayaanya. Sedangkan saya sendiri berasal dari banyuwangi jawa timur.
Saya sendiri sudah lama membaur dengan masyarakat sekitar karena memang sejak kecil saya sudah tinggal di Jakarta mayoritas warga dan teman sayapun memang warga asli sekitar. Setelah saya amati secara seksama saya mengambil kesimpulan bahwasanya masyarakat di tempat saya tinggal tergolong kedalam masyarakat tradisionil. Hal ini dapat saya simpulkan berdasarkan melihat bukti-bukti dari pola pikir masyarakat sekitar yang memang masi memegang teguh prinsip tersebut dalam menjalani kehidupan. Seperti contoh mereka masi percaya terhadap mitos yang sejak dahulu berkembang seperti halnya larangan duduk di depan pintu karena akan jauh dari jodoh, penanaman sesaji di empat penjuru rumah dengan harapan mendapat keselamatan dan tidak mendapat gangguan saat pembuatan rumah.  Hal inilah yang menunjukan bahwa masyarakat di tempat saya tinggal adlah masyarakat tradisional, karena sebagian pola pikirnya masi dipengaruhi oleh tradisi atau budaya masa lalu.

4.      cari minimal dua individu di media massa. Satu individu mengalami dan menerima efek sosial yang positive dari media massa. Satu ndividu mendapatkan efek sosial yang negative dari media massa ( korban media massa). Apakah efek sosial tersebut berkaitan dengan peniruan, identifikasi, belajar sosial, agresivitas/kekerasan, tambah pengetahuan, sikap menerima atau menolak dan tindakan.
Tentunya kita tidak asing lagi dengan nama Briptu Noorman Camarro sosok seorang brimob yang kerap menghiasi layar kaca akhir-akhir ini dengan goyang india dan lagu chaiia-chaiia nya. Briptu Noorman menjadi terkenal dan banyak memperoleh fans setelah video lipsingnya di upload di internet dan ditonton jutaan warga Indonesia. Bahkan pundi-pundi rupiah pun mengalir ke kocek Briptu Noorman banyak rumah production yang menawarinya untuk membintangi film ataupun iklan bahkan banyak pencipta lagu yang mau mempromosikanya sebagai penyanyi.
Inilah contoh individu yang memperoleh efek positif dari nedia massa yang akhirnya membawa dirinya menuju ketenaran.
Selain efek positif media juga memberikan efek yang negative bagi beberapa penggunanya.
Salah satu artis cantik Indonesia Luna Maya tentunya mengalami hal tersebut, bagaimana setelah video asusilanya bersama Aril Peterpan terkuak kemedia massa dan menjadi konsumsi public yang seharusnya tidak terjadi.
Hal ini seakan mencoreng citra artis Indonesia yang menjadi buruk karena perlakuan Luna Maya. Oleh karena itu berbagai media dan perusahaan yang telah menggunakan jasanya secara sepihak memutuskan kontrak kerja karena dikhawatirkan mendapat imbas yang negative dari perbuatanya.
Inilah salah satu contoh individu yang mndapatkan efek sosial negative dari media massa.

No comments:

Post a Comment