Kumpulan Tutorial: Festival Film Eropa 2009 Hadir di 9 Kota

Festival Film Eropa 2009 Hadir di 9 Kota

JAKARTA--Festival yang menampilkan film-film Eropa kembali digelar di Indonesia. Total 9 kota besar disingahi festival yang telah berlangsung semenjak tahun 1990. Puluhan film dari 21 negara Eropa akan dipertontonkan kepada publik Indonesia.


"Kami tentu bergembira dengan pelaksanaan Fesitival Film Eropa 2009, karena festival ini memiliki peran strategis guna menjembatani dua kebudayaan besar yakni Uni Rropa dan Indonesia," tutur Ewa Polano, Duta Besar Swedia dihadapan para wartawan, Kamis (22/10).

Dijelaskan Ewa, Uni Eropa memiliki karakter yang sama dengan Indonesia yang kaya akan ragam budaya. Begitu banyaknya, hingga mengalami kesulitan untuk memperkenalkan satu per satu. Oleh karena itu, film merupakan satu dari sekian banyak alternatif yang memungkinkan menghilangkan kesulitan dalam hal memperkenalkan kebudayaan.

Tak hanya menampilkan film-film Eropa, FFE juga menampilkan film-film pendek dari Indonesia. Selain itu, juga diselenggarakan berbagai workshop guna membahas berbagai dimensi tentang film dan kebudayaan.

Nantinya, salah satu workshop akan menghadirkan Katinka Van Heeren yang berbicara mengenai sinema kontemperer Indonesia. Konon, Heeren memiliki pengetahuan yang mendalam berkat studinya di Indonesia beberapa tahun lalu.

Penyemarak

Tak ketinggalan pameran-pameran sebagai penyemarak Festival Film Eropa. Seperti misal, Fashion Bola Awayday. Khusus acara ini hanya berlangsung di CCF, Bandung pada 3 November 2009. Nantinya, para mojang Bandung bakalan ditantang untuk menciptakan ide-ide kreatif dalam bentuk kostum atau CosPlay saat menonton pertandingan sepakbola.

Pameran lain yang juga turut menyemarakan festival adalah Pameran Gambar Uni Eropa. Nantinya, para anak-anak Indonesia akan menggambarkan bayangan mereka tentang Eropa. Lebih dari 100 anak-anak berusia umur 10 hingga 12 tahun dari berbagai sekolah di Jakarta akan turut serta.

Setiap gambar terbaik yang terpilih akan ditampilkan pada November di CCF (pusat kebudayaan Perancis), Salemba, Goethe Intitut Jakarta dan Europe House Banda Aceh.

Acara lain yang tak kalah menarik dan patut disimak adalah perayaan 10 tahun Reformasi Polandia di Eropa. Diceritakan reformasi Polandia yang berlangung Juni 1989 mengubah wajah Eropa khususnya Eropa Timur. Pameran ini terdiri dari 20 foto yang menceritakan kejadian bersejarah selama 10 tahun di Polandia.

"Kita ingin lewat festival kita bisa merasakan nuansa Eropa. Sekalipun film-film Eropa tidak setenar film Hollywood. Tapi patut ditonton karena merupakan jembatan yang paling ampuh untuk mengetahui perkembangan film Eropa," tukas Festival Direktur FFE, Lulu Ratna.

Disamping itu, kata Ratna, film-film Eropa tanpa disadari banyak mempengaruhi film-film Indonesia. "Film Eropa itu, memang terkenal dengan tradisi film yang panjang. Cara bercerita cendrung mendalam. Banyak hal yang mesti Indonesia pelajari," tukasnya.

Festival Film Eropa akan berlangsung 30 Oktober- 29 November 2009. Kota yang pertama disinggahi adalah Yogyakarta pada 30-31 Oktober, lalu dilanjutkan Bandung 2-3 November, Jakarta 6-13 November, Surabaya 14-15 November, Banda Aceh 16-20 November, Denpasar 21-22 November, Semarang 24-25 November, Medan 25-26 November dan terakhir Makassar 28-29 November.

Khusus di Jakarta, FFE akan berlangsung di 5 tempat yakni CCF (Pusat Kebudayaan Perancis) Salemba, Goethe House (pusat Kebudayaan Jerman), Erasmuis Huis (Pusat Kebudayaan Belanda), IIC (pusat Kebudayaan Italia) dan Bliztmegaplez. Acara sendiri tidak dipungut biaya. cr2/rin


take from: http://www.republika.co.id/berita/84356/Festival_Film_Eropa_2009_Hadir_di_9_Kota

No comments:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Tutorial Urang-kurai